Visi, Misi dan Tujuan

Visi, Misi dan Tujuan Bagian Hukum dan perundang-undangan

  1. V i s i

Dalam kedudukannya sebagai unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten Lombok Barat di Bidang Hukum dan memperhatikan tuntutan kinerja dan kualitas aparatur yang diharapkan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, maka Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Barat merumuskan Visi dan Misi sebagai satu kesatuan dengan rangkaian kebijakan yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu selama 5 Tahun.  Berdasarkan hal tersebut visi Bagian Hukum diharapkan mampu memainkan peran yang menentukan dalam dinamika perubahan lingkungan strategik, sehingga dalam mengemban tugas pokok dan fungsinya dapat bergerak maju menuju masa depan yang lebih baik.

Visi yang dimaksudkan adalah cara pandang jauh ke depan yang didalamnya mencerminkan apa yang ingin dicapai dan kemana suatu organisasi diarahkan sehingga pada gilirannya dengan visi yang tepat Bagian Hukum dan Perundang-undangan akan menjadi akselerator bagi pelaksanaan tugas di Bidang Hukum.

Untuk melaksanakan wewenang dan tanggung jawab tersebut maka visi Bagian Hukum dan Perundang-undangan Sekertariat Daerah Kabupaten Lombok Barat dirumuskan sebagai berikut :

TERWUJUDNYA   PROFESIONALISME PELAYANAN DI BIDANG HUKUM  DILANDASI NILAI PATUT PATUH PATJU”

Makna visi dimaksud adalah “ Pelayanan di Bidang Hukum dilaksanakan secara professional sehingga menghasilkan pelayanan dan produk hukum yang akurat, efektif dan efisien “.                           Agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan visi yang telah ditetapkan maka Bagian Hukum perlu menetapkan misinya secara jelas sebagai satu pernyataan yang menetapkan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai.

  1.   M i s i

Misi merupakan sesuatu yang harus dilakukan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Dengan demikian misi dapat terwujud apabila setiap instansi pemerintah mempunyai misi yang jelas sehingga pada gilirannya dapat menyelaraskan dengan potensi, peluang dan kendala yang dihadapi.

Guna mewujudkan visi yang telah ditetapkan maka Bagian Hukum perlu menetapkan misinya secara jelas sebagai suatu pernyataan yang menetapkan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai. Pernyataan misi juga diharapkan mampu membawa Bagian Hukum pada suatu fokus yang mampu memberikan penjelasan tentang keberadaan Bagian Hukum dan Perundang-undangan Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Barat.

Adanya penjelasan pernyataan misi pada akhirnya diharapkan seluruh pegawai dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal dengan benar keberadaan Bagian Hukum, mengetahui secara jelas peran dan programnya beserta hasil yang akan diperoleh dimasa mendatang.

Dengan  memperhatikan  masukan  dari  pihak – pihak yang berkepentingan dan menilai lingkungan strategik yang berpengaruh serta menyelaraskan dengan tuntutan peran dan kemampuan sumberdaya organisasi yang dimiliki, maka Bagian Hukum merumuskan pernyataan misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kesadaran hukum dan pemberian bantuan hukum pada masalah-masalah yang timbul secara cepat, tepat dan professional
  2. Meningkatkan kemampuan profesionalisme aparat perancang dan pembuat Peraturan Daerah (PERDA), Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati
  3. Mendokumentasikan produk-produk hukum secara tepat, dan terprogram dalam sistim jaringan informasi dan komunikasi hukum.
  1. Tujuan

Tujuan organisasi merupakan implementasi atau penjabaran dari misi dan mewujudkan suatu kondisi yang ingin dicapai di masa mendatang.  Dalam  kerangka perencanaan strategik tujuan akan mengarahkan perumusan sasaran, kebijaksanaan, program dan kegiatan dalam rangka merealisasikan misi.

Dengan berdasarkan misi Bagian Hukum maka penjelasannya kedalam tujuan dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kualitas penyiapan bahan pertimbangan hukum yang akuntabel ;
  2. Meningkatkan pelayanan produk hukum yang cepat dan tepat ;
  1. Meningkatkan Sistem Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang sistematis.