Rubrik Hukum

Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, informasi tentang Produk Hukum Kabupaten Lombok Barat,

silahkan menuliskan pesan Anda pada form Rubrik Hukum dibawah ini.

Kami akan merespon secepat mungkin.

Write a new entry for the Guestbook

 
 
 
 
 
 
 

Fields marked with * are obligatory.
Your E-mail address wil not be published.
For security reasons we save the ip address 54.196.201.241.
It might be that your entry will only be visible in the guestbook after we reviewed it.
We reserve our right to edit, delete, or not publish entries.
Anwar, STAnwar, ST from Balekuwu, Gunungsari wrote on 02/07/2014 on 05:53:
Kepada
Yth. Pengasuh Rubrik Hukum.
Semoga sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Melalui Rubrik/ Klinik Hukum yang setiap minggu diterbitkan oleh Koran Lombok Post,
1. Kami ingin meminta Klarifikasi atas Keberadaan Lembaga cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) NTB, apakah Sah keberadaannya di NTB ini, apa sudah resmi atau tidak.
2. Apakah Investor yang melakukan kegiatan usaha di Kabupaten Lombok Barat, tidak ada perlindungan atau Jaminan Kepastian Usaha ?, kalau ada, berapa Nomor Perdanya agar kami bisa mengetahui hak-hak pengusaha sehingga kami dapat perlindungan dari Pemerintah Daerah dan dapat melanjutkan usaha kami dengan nyaman dan aman, trimakasih.



Jawaban Pengasuh :
Terimakasih Pengasuh Sampaikan, atas partisipasi Bapak Anwar di Rubrik/ Klinik Hukum Pemda Lombok Barat, semoga Bapak juga tetap dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Melalui Kesempatan ini kami dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat memberikan klarifikasi atas “pertanyaan” Bapak tentang keberadaan LEMBAGA CEGAH KEJAHATAN INDONESIA (LCKI) di NTB ini. Berdasarkan tembusan surat yang kami terima, yaitu Surat dari Lembaga cegah Kejahatan Indonesia (Ketua Harian) Bapak Irjen Pol (Purn) Drs. I Ketut Astawa. Nomor Surat : 002/sat/II/LCKI/2012. Prihal : Perkembangan Berita LCKI NTB Tanggapan Somasi LBH, DR. CH. Kamarudin, Tanggal 13 Februari 2012, yang ditujukan kepada saudara :
1. Sri Saudarjo, Spd. SH
2. Kusnaini. SH
3. Bambang Mai Firmanto
Yang isinya antara lain :
1. LCKI Pusat sampai saat ini belum secara resmi melantik dan mengeluarkan Surat Keputusan berkaitan dengan kepengurusan LCKI NTB , dengan demikian tidak boleh ada lembaga ataupun perorangan yang bertindak mengatas namakan LCKI, apabila menggunakan secara resmi jabatan, Kertas Surat dan Cap LCKI.
2. Sesuai dengan Normanya maka LCKI bergerak dalam ranah pencegahan yang sebelum tindak pidana/ kejahatan terjadi dan berupaya agar tindak pidana tidak terjadi. Kalau sudah terjadi tindak pidana maka tidak lagi menjadi ranah LCKI, tetapi harus dilaporkan kepada pejabat-pejabat yang berwenang menyelesaikan menurut ketentuan hukum yang berlaku.
Untuk lebih jelasnya Bapak dapat mengcopy surat dari LCKI pusat Jakarta, agar mendapat informasi yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan di Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat, (Bagian Hukum dan Perundang-Undangan).
Jawaban Pertanyaan Kedua :
Setiap investasi (Penanaman Modal) yang melakukan kegiatan usaha di Kabupaten Lombok Barat berhak mendapatkan Jaminan Kepastian Hukum, Kepastian Berusaha dan Keamanan Berusaha, hal ini sesuai sesuai dengan ketentuan pasal 3 ayat (1) huruf a Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Barat Nomor 12 Tahun 2009 tentang Penanaman Modal, yang berbunyi :
Penanam modal berhak mendapat :
1. Jaminan kepastian hukum, kepastian berusaha dan keamanan berusaha.
2. Informasi yang terbuka mengenai bidang usaha yang dijalankannya.
3. Berbagi bentuk fasilitas kemudahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
4. Isentif/ keringanan Pajak dan Retribusi Daerah.
Kami dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat, apabila ada oknum-oknum yang mengatas namakan Lembaga yang belum resmi keberadaannya sesuai klarfikasi kami, pada pertanyaan di atas, masyarakat jangan terpropokasi dan terpengaruh, karena pada akhirnya masyarakat yang tidak tahu akar permasalahan menjadi korban. Mari kita menjaga keamanan dan kenyamanan bagi setiap orang yang melakukan kegiatan usaha yang positif bagi kemajuan daerah kita tercinta ini.
Terima Kasih
Selamat bekerja Keras, Cerdas, Ikhlas dan Terus Antusias.
“TAATI DAN JADIKANLAH HUKUM
SEBAGAI PEDOMAN HIDUP
BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA,
INSYA ALLAH
HIDUP KITA
PASTI NYAMAN, TENTRAM DAN DAMAI”
”TIM RUBRIK”